[TOLONG SHARE] Apakah Bayi yang Baru Lahir Boleh Langsung Dimandikan?? Ternyata Banyak Orang Tua Tidak Mengetahuinya!!

Menyambut kelahiran seorang anggota keluarga baru memang merupakan hal yang sangat bahagia. Ketika seorang bayi dilahirkan, hal pertama yang dilakukan kebanyakan orang adalah membersihkannya dan mengambil gambarnya. Namun tunggu dulu, ternyata bayi yang baru lahir sebaiknya tidak langsung dimandikan! Yuk kita lihat alasannya!


Sebenarnya ketika janin masih ada di perut ibu, ada lapisan substansi lemak yang disebut Vernix caseosa yang melindungi sang bayi selama tiga bulan terakhir. Zat ini berguna untuk mencegah infeksi, membersihkan kulit bayi dan mempermudah bayi lahir serta mencegah terjadinya kerutan pada kulit bayi. Ternyata kegunaannya sangat banyak yah!
Ketika bayi dilahirkan, zat ini akan terlihat putih kekuningan dan menempel di badan sang bayi. Orang yang tidak mengetahuinya mungkin mengira ini adalah air ketuban yang kotor, sehingga mereka membersihkannya. Namun ada beberapa rumah sakit yang menyarankan orang tua untuk tidak memandikannya dahulu, namun hanya membersihkan darah yang menempel di badan bayi saja dan membiarkan zat lemak ini menempel dan terus melindungi bayi kecil ini.
Sponsored Ad
 Organisasi Kesehatan Dunia juga menyarankan untuk menunggu 6-24 jam baru memandikan bayi yang baru lahir. Kalau memang ada bagian yang membutuhkan pembersihan, sebenarnya hanya perlu dibersihkan dengan lembut oleh lap yang bersih dan lembut. 
Zat lemak ini benar-benar memiliki kegunaan yang banyak lho! Bahkan kini banyak pihak yang sedang meneliti lebih lanjut zat tersebut. Jadi bila teman atau keluargamu akan melahirkan dalam waktu dekat ini, kita boleh menyarankan mereka untuk tidak langsung memandikan bayinya ya! 

0 Response to " [TOLONG SHARE] Apakah Bayi yang Baru Lahir Boleh Langsung Dimandikan?? Ternyata Banyak Orang Tua Tidak Mengetahuinya!! "

Posting Komentar