Resep roti boy mudah, garing di luar empuk di dalam


Ada banyak sekali jenis roti yang ada di Indonesia maupun khas daerah ataupun roti yang memang umum di Indonesia. Kalian pasti pernah mendengar roti boy kan? Roti boy adalah roti yang berbentuk bulat dan memiliki isi mentega yang sangat nikmat ketika kita memakannya.
Sebenarnya roti boy ini adalah makanan yang berasal dari negara Malaysia namun Indonesia memiliki hak waralaba memasarkan dan memproduksi roti ini. Roti boy bukan hanya terkenal di Indonesia tapi banyak negara yang mengenal roti yang satu ini.
Roti Boy bisa disajikan dengan segelas minuman hangat seperti susu, teh, ataupun kopi. Biasanya banyak orang yang mengkonsumsi roti ini di pagi hari sebagai pengganti makan pagi atau sarapan.
Resep Roti Boy

Untuk kurang lebih 18 buah roti boy.

Bahan adonan roti :
500 gram tepung protein sedang
200 -270 air hangat
20 gram susu bubuk
8 gram ragi instan
1 buah telor
75 gram gula pasir
60 gram mentega
6 gram garam halus

Bahan topping roti :
200 gram mentega
160 gram gula halus
3 buah telor
2 sendok makan kopi instan
1 sendok makan air panas/mendidih
200 gram tepung protein sedang

Bahan isi :
90 gram mentega

Proses adonan roti :
Di atas meja / alas atau bisa juga di baskom bersih —–> tepung + air hangat + ragi + telor + susu bubuk = uleni sampai kalis ( 10 menit ).

Kemudian tambahkan gula, uleni lagi (8 menit) kira-kira sampai gula tidak terasa lagi di tangan atau sudah menyatu dengan adonan.
Setelah terasa lembut tambahkan garam dan mentega, uleni lagi sampai lembut dan elastis.

Diamkan di baskom,tutup dengan lap bersih /plastik.
Letakkan di tempat suhu panas selama 30 menit. Sampai adonan mengembang 2 kalinya.

Selagi menunggu adonan mengembang, siapkan adonan toping.

Dalam mangkuk kecil campurkan air panas dan kopi instan, aduk sampai menyerupai pasta,sisihkan.
Mixer di baskom besar mentega dan gula halus sampai lembut. Tips agar gula tidak bertaburan saat dimixer,pastikan mentega sudah lembek jadi bisa di aduk dulu pakai sendok, baru dimixer. Kemudian masukkan telor,mixer lagi sampai tercampur. Setelah tercampur masukkan pasta kopi. Mula-mula adonan kelihatan memisah tapi setelah dimixer beberapa menit akan tercampur dan menyerupai cream.
Matikan mixer dan masukkan tepung ke dalam baskom, cukup aduk dengan wisk sampai tercampur, kemudian masukkan di plastik piping dan simpan di kulkas agar tidak mencair.

Kembali ke adonan roti, setelah mengembang, tinju adonan untuk mengempiskannya, kemudian timbang sekitar 50 gram. Saya pakai 50 gram dan hasil akhirnya roti boy dengan diameter 8 cm. Bulatkan dan tata bola-bola roti di nampan, tutup dengan lap dan letakkan di suhu panas (10 menit). Adonan tidak mengembang cuma membentuk lapisan kulit saja. Kalau dipegang seperti ada kulitnya di bola-bola roti.

Ambil mentega untuk isian potong kotak-kotak sekitar 5 gram, simpan di frezer agar menjadi keras. Sekedar untuk memudahkan pada saat dimasukkan ke dalam adonan roti.

10 menit kemudian ambil satu bola roti, pipihkan dan isi dengan blok mentega. Bungkus mentega rapat-rapat, jangan sampai ada celah. Kalau ada celah pada saat dioven mentega akan mengalir ke luar adonan roti.

Kemudian diamkan bola-bola roti yang sudah diisi di suhu panas sampai mengembang 2 kali.

Kira-kira setelah 30 menit bola-bola roti siap untuk diberi topping. Potong ujung plastik spuit, semprotkan adonan topping di atas bola roti. Semprotkan dengan arah melingkar (seperti bentuk obat nyamuk ). Cukup setengah bulatan roti saja yang dikasih topping. Kalau kebanyakan nanti akan banjir topping di dalam oven. Jangan sampai ujung plastik menusuk adonan roti karena roti akan jadi penyok bentuk akhirnya nanti

Kemudian masuk ke oven 200°C sekitar 15 menit. Sampai permukaan roti coklat keemasan. Jangan kaget kalau setelah masuk oven topping akan mencair dan turun ke bawah, jadi bola roti seperti disiram toping. Seluruh permukaan bola roti akan berselimutkan toping yang kemudian mengeras. Inilah yang membuat roti boy punya kulit krispy.

Sumber : Hermin Susanti

Selamat mencobanya di rumah ya sahabat, jangan lupa like dan share juga resep kali ini 

0 Response to " Resep roti boy mudah, garing di luar empuk di dalam "

Posting Komentar